17/07/08

Album To Seko Padang

Tokoh Masyarakat Lodang : To BARA', Pendeta dan Imam Desa

TO BARA' BENGKE


RWM.BOONG BETHONY

Posted by Picasa

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Nama saya Saprudin N Pangandu, anak kedua dari empat bersaudara, dari pasangan sauami istri, tulen keturunan To Seko
bapak bernama : NAPOLION PANGANDU atau mereka dikampung memangilnya (POYO).
mama saya bernama : ALTJE ARLAN TARIAN. yang sebagian besar keluarga kami berada di Desa Ranteleda Kec. Palolo Kab. Sigi Sulawesi Tengah
meski saya lahir dan tingal di sulawesi tengah. tapi saya ingin sekali jalan-jalan ke kampung halaman orang tua saya di seko.
bapak saya sering menceritakan tentang kampung halamannya mengenai, masa kecil, keluarga dan sarana infrastruktur jalan untuk menuju ke kampung.
pernah bapak menceritakan tentang masa kecilnya semasi di kampung, sesekali saya melihat matanya seperti berkaca-kaca, mungkin ada sesuatu kepahitan yang dirasakan pada saat itu.
kadang saya bertanya bertanya "Pak, kapan ajak kami ke kampung?" tapi dia hanya diam, tidak mau memberikan suatu janji atau kepastian kepada kami, hannya menceritakan saudara-saudaranya yang masih berada di kampung.
pada bulan Desember 2008, saya menerima Telefon yang menyampaikan berita bela sungkawa atas meninggalnya saudara kandung bapak saya "Mama Yane". pada waktu itu saya menyampaikan berita ini kepada bapak yang berada di Bitung. Spotan dan Kaget mendegar kabar ini, dengan suara pelan dia mengatakan, "dia saudara saya, mau bagaimana saya sekarang jauh di bitung, makasih Nak"
sayangnya saya tidak mengetahui jelas nama dari saudara-saudara bapak saya. ini di karenakan kesibukan bapak saya dalam mencarikan kami Nafkah untuk keluarga, biaya untuk pendidikan kami, sehingga harus pindah-pindah tempat kerja dan perusahaan.
saya selalu bertanya kepada orang tua, teman yang pernah ke Seko
"SEKO ITU BAGAIMANA ?"

RWM Boong Bethony mengatakan...

Trimakasih untuk Pak Saprudin N Pangandu atas perkunjungan anda ke Blog ini...membaca penuturan anda lewat tulisan singkat ini, membuat saya jadi bersedih disamping bergembira bahwa ada saudara saya To SEKO Perantauan yang singgah dan memperkenalkan diri lewat blog ini.
Sama seperti anda, saya 100% to SEKO, meski lahir dan besar di Rantau, tapi tidak mengurangi rasa CINTA DAN BANGGA saya sebagai TO SEKO.
Blog ini juga, diharapkan menjadi sarana Cybermania TO SEKO Perantauan untuk saling berkomunikasi.
Harapan saya, anda bisa meninggalkan alamat lengkap dan Email, agar kita bisa berkomunikasi.

Salam Hormat buat orang Tua, juga semua saudara-saudara di RANTELEDA dan PALOLO.