22/09/13

Catatan Perenungan.

Refleksi dulu dan sekarang

Dulu...aku sangat kagum pada manusia cerdas, kaya, cemerlang dalam karier dan hebat dalam dunianya.Tapi sekarang...aku mengagumi mereka yang hebat di mata Tuhan. Meskipun penampilannya begitu biasa dan bersahaja.
Dulu....aku memilih marah pada mereka yang menyakitiku dengan kalimat-kalimat sindiran serta penghinaan, dan geram pada mereka yang memfitnahku.
Sekarang....aku memilih untuk bersabar, bersyukur atas perlakuan yang sama kepadaku, dan memberi maaf.Dulu...aku memilih untuk mengejar dunia dan menumpuknya sebisaku...tapi kusadar bahwa ternyata kebutuhanku hanyalah makan dan minum untuk hari ini dan bagaimana cara membuang sisanya dari perutku.
Sekarang...aku memilih bersyukur untuk apa yang kumiliki dan berfikir bagaimana aku mampu mengisi hari ini dengan penuh kasih dan bermanfaat untuk sesama.
Dulu.......aku berfikir bahwa aku bisa membahagiakan orang tua, saudara-saudaraku dan sahabat-sahabat dengan dunia yang dapat kuraih.Ternyata....yang dapat membuat berbahagia mereka adalah sikap, tingkah laku dan sapaanku pada mereka.Sekarang...aku memilih membahagiakan mereka dengan yang ada padaku.
Dulu..kupusatkan pikiran, tenaga membuat rencana-rencana dahsyat untuk duniaku...ternyata aku menjumpai teman-teman, saudara dan sahabatku begitu cepat menghadap Tuhan.Sekarang yang menjadi pusat pikiran dan rencana-rencanaku adalah bagaimana mempersiapkan diri dan terutama hatiku agar selalu siap jika suata saat namaku dipanggil olehNya.Tak ada yang memberikan jaminan, bahwa aku masih bisa menghirup nafas esok hari...Dan kalau hari ini atau esok hari aku masih hidup, itu semata-mata hanya karena anugerah Kasih Tuhanku. 

Jatimulyo - Yogjakarta, 13 Desember 2012.



RWM.BOONG BETHONY

Tidak ada komentar: