10/03/17

Tahun Baru

Esei kecil.
RENUNGAN AKHIR TAHUN SOAL ANGKA.
Romo Ro Wl Ma.
Angka berlalu
Alam raya berubah
TUHAN abadi

Tanggal dan tahun
Amal juga ibadah
TUHAN menanti

Beberapa mengatakan jika hidup ini perlu di hitung, dan beberapa lainnya berujar, sudahlah, jalani saja hidup ini. Toh waktu terus berlalu tanpa kompromi.
Satu : DOSA ABORSI Tahun baru.
Sobat-sobatku, beberapa jam kedepan, semua manusia di rumah besar bersama ini, akan menanggalkan angka 2016 dan memasang urutan nomor 2017. Peristiwa pergantian angka-angka ini di peringati sebagai tahun baru oleh banyak penghuni rumah besar yang di sebut Bumi ini. Aneka cara dilakukan memeriahkan pergantian angka itu. Para sekuler dan kaum religius, masing - masing mempunyai laku untuk meramaikan pergantian angka-angka itu. Semua mencurahkan energi, daya bahkan bathin (jiwa) untuk memeriahkannya. Entah sejak kapan laku seperti ini menjadi milik semua penghuni rumah besar kita. Coba anda perhatikan beaya untuk laku semacam ini. Kembang api, mercon/petasan, pementasan aneka kreasi tari dan biduan, Makanan ringan sampai yang berat tersaji dimana-mana, demikian halnya dengan minuman ringan sampai yang memabukkan pun terhidang tiap saat. Hitunglah beayanya dan jangan lupa kerugian yang musti di tanggung bersama akibat penumpukan dan sebaran sampah dimana-mana, kerusakan taman dan tanaman, belum lagi polusi kembang api beserta asap mencon/petasan, juga konsumsi BBM jenis apa saja sudah pasti meningkat dalam beberapa jam nanti. Terompet-terompet kertas sudah pasti akan bersahutan dengan klakson mobil om telolet om, pada saatnya nanti.
Jika semua di konversi dalam bentuk rupiah, kita akan terbelalak melihat jumlah itu. Jumlah yang sebesar itu di belanjakan oleh Penghuni rumah besar ini hanya dalam hitungan jam. Sebagai perbandingan, acara yang sama pada tahun lalu, di perkirakan US $ 150 juta di seluruh dunia (silahkan di kalikan Rp.13.658), itu beaya real yang di keluarkan oleh siapapun, mintalah geolog dan Pecinta Lingkungan untuk meneliti dampak lingkungan alam atas residu asap kenalpot, mencon dan kembang api dalam beberapa jam itu. Mengerikan bukan?
Itu beaya real tahun 2015 kemaren! Bagaimana di tahun 2016 ini...saya perkirakan akan melonjak sampai US $ 157- an juta.
Bandingkan beaya yang di keluarkan untuk kegiatan membantu pengungsi, misalnya atau memperdayakan mereka yang miskin dan tak berpendidikan.
Tetapi apakah hanya beberapa jam saja? Sesungguhnya tidak sebab di Indonesia Barat saat menunjuk pada pkl.00 tgl 31 itu, di belahan tengah sudah dar der dor duluan, demikian pula mereka yang di Indonesia Timur, disana orang sudah bersorak-sorak, bersalam-salaman. Demikian seterusnya, semakin ketimur dar der dor itu juga terjadi.
Jadi bukan beberapa jam saja tetapi kali ini 24 jam penuh. wouhhh..luar biasa pesta ini berlangsung, luar biasa pemborosan itu terjadi, luar biasa perusakan alam dan mengotori/polusik udara selama 24 jam itu.
Tapi aneh...tidak banyak (kalau tidak mau di katakan tidak ada!) ahli-ahli dan Penenliti Lingkungan alam yang melihat ini sebagai 'kekompakan pemborosan bersama dan keakuran meracuni udara dan alam' yang musti kita tentang atau minimal di kecilkan kegiatannya.
Saya menyebut cara pesta menyambut tahun baru ini, sebagai 'DOSA ABORSI' untuk generasi mendatang.
Dua : HANYA ANGKA
Lalu apakah penting soal hitung-hitungan tahun itu? Seperti merayakan ulang tahun? menyambut tahun baru? (termasuk tahun baru agama-agama lainnya?)
Pentingkah menjawab : Berapa usia Bumi? Berapa umurmu? Tahun berapa sekarang? Atau tahun berapa kamu lahir? Tahun berapa negara Indonesia di proklamirkan?
Seperti judul panjang diatas. Beberapa orang katakan itu penting, tetapi beberapa yang lain mengatakan, sudalah, jalani saja toh waktu terus berlalu.
Nach mari kita berefleksi pendek, meski tidak terlalu pendek, tapi di banding sebuah Kotbah para rohaniawan atau alim ulama, fefleksi ini pasti lebih pendek, hehehehehehe.
Kita berumah di bumi, rumah besar kita ini (diperkirakan tahun 2050, kamar-kamar di rumah besar ini akan sesak sebab jumlah penghuninya sudah akan mencapai 11,5 Milyard kepala). Pergantian siang malam di rumah kita berlaku 24 jam dan tiap tahun berlaku 365 hari sekali memutari Mentari.
Itu di Bumi kita.
Bagaimana dengan di Planet lainnya? Bagaimana di mentari (bintang-bintang lainnya)?
Yang menurut para angkasawan, tiap bintang-bintang di luar sana masing-masing memilki gugusan planet (satelit), yang masih menurut para angkasawan itu, bintang terdekat dari bumi (Proxima
Centauri) jaraknya 4,4 tahun cahaya sama dengan 40.000.000.000.000 km.
Untuk menuju bintang terdekat itu misalnya, kita butuh kecepatan 10.000 x kecepatan suara, sementara tehnologi transportasi yang kita miliki sekarang ini baru 5 x kecepatan suara.
Achh, kembali saja ke topik utama, supaya tidak pusing mikirin perkalian itu.
Planet terdekat dengan rumah kita ialah ialah Mars dan Venus. Tahukah anda berapa waktu ke-dua planet itu mengelilingi Matahari?
Mars misalnya, sekali tahun baru di sana 686, 9 hari, artinya umur anda jika tinggal di Mars separuh dari usia yang sekarang, jika saat membaca tulisan ini usia anda 50 tahun maka di Mars anda baru 25 tahun, keren kan?
Nach bagaimana di Venus? kalau mau lebih tua dari usia anda sekarang, silahkan ke Venus sebab disana sekali setahun hanya 224,7 hari. hebat bukan? Anda sudah 80-an tahun qkqkqkqkqkkqkqkq.
Kemudian bagaimana dengan Merkurius yang sangat dekat dari Matahari? Wah disana anda akan berusia ribuan tahun (sekitar 2850 tahun), sebab sekali setahun di Merkurius, hanya 57,5 hari. Maka anda jadi salah satu manusia tertua qkqkqkqkqkqkqk.
Bagaimana dengan Planet Yupiter? Planet sesudah Mars? Disana sekali setahun sama dengan 11, 9 tahun di bumi. Maka anda masih kanak-kanak qkqkqkqkqkqkqk.
Saturnus, jika di konversi sekali setahunnya bumi, maka disana 29, 5 tahun bumi. Artinya, di sana anda akan bertahun baru 29 , 5 tahun sekali, melihat kenyataan ini anda yang sekarang berusia 50 tahun baru anak-anak usia 1, 8 tahun, wadoh qkqkqkqkqkqkqkkqk
Apa? Neptunus? Saya pastikan nenek moyang anda 3 generasi keatas belum ada qkqkqkqkkq....mengapa? sebab disana sekali tahun baru sama dengan 164, 8 tahun bumi, mau kesana?
Dan Pluto planet terjauh dari Bumi, tahun baru akan terjadi 247,9 tahun bumi. Maka, generasi nenek ke-5 moyang kita belum lahir. Jika kita tinggal di Pluto, maka tahun baru sebelum 2016 kemaren terjadi pada tahun 1766 hitungan bumi.
Nachh...hitung-hitungan di bumi bukan suatu ke niscayaan jika hendak melihat hitung-hitungan di luar bumi sana.
Tiga : PERHITUNGAN ITU ADALAH KWALITAS IMANMU
Karena itu yang musti kita tanya pada diri sendiri adalah, soal menghitung kedekatan kita dengan Tuhan Yang Maha Esa melalui Amal dan Ibadah kita masing-masing sesuai Keyakinan kita.
Bukan soal merayakan tahun baru, bukan soal pesta pora, tetapi soal bersyukur kepadaNYA.
Sesudah itu hitunglah waktu yang berlalu pun waktu yang akan datang. Sebab hanya satu hitung-hitungan yang Tuhan akan lalukan untuk anda.
Yaitu, amal dan ibadahmu.
Berapa detik, berapa jam, berapa hari, berapa bulan, berapa tahun, anda berbuat baik : beramal dan beribadah?
Dan ingatlah sobat, kerabatku, sahabatku dan handaitaulanku,
Angka hanyalah alat untuk mengukur kwalitas hidup anda, demikian juga ia (angka) menjadi tolak ukur keburukan anda.
Kita sambut tahun baru ini dalam doa Syukur
Doakan perdamian dunia, doakan keberlangsungan NKRI, Doakan Pemerintah kita, doakan PILKADA Serentak berlangsung damai.
Salam dan doa rahayu.
Romo Ro Wl Ma.
(Rohaniawan Protestan dan Pemerhati Kebudayaan)
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
21 Komentar
Komentar
Whizz Pad Rajin menulis pangkal banyak pembaca (bl padatu) Selamat atas produktivitas nya menulis
Ro Wl Ma Whizz Pad....mari menulis, apa saja...hehehehe...salam dan doa saya untuk keluarga di Makassar...baji-baji ji to?
Supardiyono Sobirin Haiku angka kehidupan dan makrokosmos. Wonderful
Ro Wl Ma Kangmas Supardiyono Sobirin...begitulah saya mengartikan pergantian tahun itu kangmas....
Ro Wl Ma Sobatku Whizz Pad....biarlah tuts Laptop menampung pikiran dan isi hati ini....selamat menyambut tahun baru...salam dan doa rahayu.
Aleksander Mangoting Hari ini adalah hari terahir di th 2016....
BUANG SEMUA:
Sakit hati......

Kebencian....
Iri hati.....
Kemarahan....
Kekecewaan....
Kesedihan............Biarlah semua TERBENAM
Bersama matahari terahir th 2016 dan SAMBUTLAH Fajar pertama th 2017 dengan semangat baru dan dapatkan : 
1 Th kebahagiaan
12 bln kedamaian
365 hr kegembiraan
8760 jam kasih sayang
525600 menit Cinta & persahabatan....
Selamat menyongsong " *TAHUN BARU 2017* " semoga lebih SEHAT, SUKSES, SEJAHTERA dari tahun sebelumnya.....Aamiin ....
Ro Wl Ma Kangmas Supardiyono Sobirin....seperti itulah saya melihat pergantian angka 2016 ke 2017... biasa-biasa saja bukan? Tak ada yang istimewa, bahkan pergantian angka itu sama dengan angka 1 ke angka 2. Jadi bagimana mengisi pergantian angka-angka yang penting kangmas Supardiyono Sobirin.....salam dan doa rahayu.
Ro Wl Ma Sobatku Aleksander Mangoting.....terimakasih sobat, saya juga berdoa untukmu dan keluarga besar di Tanah Toraja. Salam dan doa rahayu....
Meinita Damping Yg tpenting bjln ny waktu n khidupan yg Tuhan Yesus anugerahkn kpd kita mberikan pengalaman iman yg mbentuk kita semakin mjd serupa dg DIA...Bersama kita akan mengakhiri th 2016 dg penuh sukacita n memasuki th 2017 dlm pharapan pasti...Immanuel...Allah berserta kita...Jlu n fam
Ro Wl Ma Usi Meinita Damping.....yahhh Tuhan Yesus takkan pernah meninggalkan kita. Selamat memasuki tahun baru bersama bimbinganNYA yang tak kenal waktu itu. Salam dan doa rahayu untuk semua kleuarga disana. Rahayu...rahayu.
Trisna Ayen Tulisan Romo sangat memberkati dan jd inspirasi buat saya, Trimakasih ya Romo, semoga Romo selalu sehat dan selalu semangat melayani.
Ro Wl Ma Sobatku Trisna Ayen....terimakasih. Selamat berbahagia bersama keluarga dan bergembira menyambut pergantian angka lama menuju angka baru...semoga selalu di berkati. Rahayu...rahayu
Jootje O'niel RugianMandey Wah, sulit menilai, bagus mana, TULISAN atau FOTO lampiran. Akhir semua juri bisikkan, 
"Keduanya sama nilai tinggi, ya DRAW"
Paulus Suryanto Lo kok draw? Kalau gitu ..... gak aah he he he
Ro Wl Ma Ya luckydraw qkqkqkqkqk...rahayu...rahayu.
Ipit Saefidier Dimyati Klo menurutku waktu itu manunggal. Pemenggalan waktu menjadi masa lalu, masa kini dan masa depan, hanya utk memudahkan manusia utk nengidentifikasi dirinya dalam ruang dan waktu. Masa lalu sebenarnya tetap ada di masa kini, kehaduran masa kini hanya mu...Lihat Selengkapnya
Ro Wl Ma Mkasih mas Ipit Saefidier Dimyati....salam dan doa rahayu
Ro Wl Ma Kangmas Sentana Aso....apa kabar jennengan kangmas? Saya doakan tetap sehat, bergembira dan bahagia bersama, keluarga, anak-anak, menantu dan cucu-cucu. Rahayu...rahayu.
Ro Wl Ma Hallo sangmaneku...umbanakua kareba? Salama' taon ba'ru...Rahayu...rahayu.
Yuli Offiq Selamt tahu bru Pak Pdt ada slam Dr mama Bilan Apui
Ro Wl Ma Salam balik dari kami ya Yuli Offiq....sekarang beliau di mana? Ada no kontaknya?
Yuli Offiq Kmi yg telpon kmrn ujungnya 3333...Mma di Smd di Talangsari Pak No HP 082149909900 tuh No Mma tlpon aja Pak
Ro Wl Ma Yuli Offiq....tinggal di talangsari? Blog berapa?
Yuli Offiq Block C No 63 RT 05
Ro Wl Ma Hai Sherly Lesiasel....apa kabarmu? Ko baik-baik jiiiiii? Rahayu...rahayu.
Sri Sulastri Selamat Tahun Baru oom Rob.. salam kami untuk Kel. Bsr
Johan Kristantoro Selamat tahun baru Pak. 
Ro Wl Ma Maknya Sri Sulastri...makasih ya oma, salam tahun baru juga untuk oma dan keluarga besar di jakarta. Rahayu...rahayu.
Ro Wl Ma Masbro Johan Kristantoro....Puji Tuhan, kita semua dibimbing dalam segala aktivitas melewati tahun 2016...sekarang bimbinganNYA pasti lebih canggih....salam dan doa rahayu.

RWM.BOONG BETHONY - Another Human Being Like You.

Tidak ada komentar: