10/03/17

BBM, satu harga, sampai kapan?

BBM satu harga, Keadilan bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Romo Ro Wl Ma
Saya terkejut dan gembira menonton siaran MetroTV ketika menayangkan Berita BBM satu harga di Indonesia.
Ini sebuah berita sorga buat saya, setidak-tidaknya bagi masyarakat Indonesia yang selama ini harus mengeluarkan 'beaya ekstra' untuk seliter Minyak Tanah, sebotol Bensin jenis apapun juga untuk segalon Solar.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia...demikian presiden Jokowi mengutip ayat terakhir dari 5 sila Lambang Negara NKRI itu.
Terimakasih pak Presiden! Komentar seorang lelaki berkumis tebal dari Sentani di Papua, saat di wawancarai oleh MetroTV.
Kami gembira sekali! timpal seorang ibu muda dari pedalaman Kalimantan Utara atas kebijakan Presiden yang luar biasa itu.
Terlebih bahwa kebjikan itu (satu harga BBM) disertai wanti-wanti presiden kepada Pertamina untuk serius melakukan perintahnya.
Ini kebijakan luar biasa, meskipun di pandang dari kewajiban pemerintah untuk mengusahakan keadilan sosial kepada rakyat Indonesia sudah seharusnya.
Dalam kesempatan itu, pak Jokowi sempat menjelaskan bahwa, keterlambatan program BBM satu harga di Indonesia disebabkan karena Pertamina sebagai BUMN selama ini selalu berorientasi pada profit (keuntungan) sehingga harga BBM di berbagai daerah di Indonesia, tidak seragam.
Ketika saya berkunjung ke Merauke dan Digul awal tahun 2014, harga bensin Rp.16.000/liter dan Digul Rp.21.000/liter, semakin masuk kepedalaman papua, harganya semakin melangit.
Demikian pula ketika saya berkunjung ke Kaltara (kalimantan Utara) Juli 2016, ke Long Nawang kabupaten Malinau. Harga bensin Rp. 12.000/liter, minyak tanah Rp,27.000/liter. Sebelum itu, saya berkunjung ke Kab. Hulu Mahakam (Kab. Mahulu) harga bensin Rp. 11.0000/liter, minyak tanah Rp.17.000/liter. Di awal tahun 2016, saya berkunjung ke pedalaman Sulawesi Selatan, khususnya Kec. Seko, kab. Luwu Utara, harga bensin Rp.11.000/liter, minyak tanah Rp.20.000/liter.
Para sahabat di jawa pasti akan kaget dengan harga-harga ini! Tapi demikianlah kenyataan yang terjadi di luar jawa, khususnya di Papua Barat, Papua, Kalimantan dan juga pedalaman Sulawesi.
Itu baru BBM lho? bagaimana dengan kebutuhan pokok (konsumsi), seperti minyak goreng, Kopi, beras, Gula, tepung terigu, indomie, garam, Gas dengan berbagai ukuran tabung? Jangan kaget dengan perbedaan harga-harga itu. Indomie Rp. 117.000/dos dan kalau di jual eceran Rp. 9.000 - 11.000. Minyak goreng ukuran 800 ml berkisar Rp. 36.000 - 50.000, Gula pasir berkisar Rp. 24.000 - 32.000/kg. Ini di Digul tahun 2014 lalu, pokoknya semakin jauh dari jawa, akan semakin mahal. Kalau saya tulis semua harga-harga itu, artikel ini hanya akan menyajikan angka-angka saja. Yang jelas, ada kesenjangan harga, dan kita gembira bahwa Presiden Jokowi, menghapus kesenjangan harga BBM yang selama ini mencekik beberapa wilayah NKRI.
Lalu bagaimana dengan harga-harga kebutuhan pokok yang di beberapa wilayah masih mencekik leher masyarakat Indonesia?
Di awal pemerintahan, bapak presiden mencanangkan program TOLL LAUT dengan membuka dan membangun puluhan pelabuhan baru dan juga mendatangkan kapal-kapal laut baru untuk menghilangkan kesenjangan harga-harga itu. Presiden Jokowi, berharap bahwa armada laut yang di bangunnya dapat menghapus kesenjangan harga dan melancarkan pertumbuhan ekonomi antar pulau di Indonesia, sehingga terjadi pemerataan pembangunan ekonomi di seluruh Indonesia.
Apakah program BBM satu harga dan Toll Laut, tidak akan merugikan negara?
Dengan tegas Presiden Jokowi menjawab, Untuk keadilan sosial rakyat Indonesia, negara tidak mencari keuntungan.
Pak presiden, kalau sekarang harga BBM sudah seragam di semua wilayah Indonesia, bagaimana dengan harga kebutuhan pokok rakyat yang masih mengalami kesenjangan?
Bagaimana bapak Presiden?
Salam dan doa rahayu.
Romo Ro Wl Ma.
Pemerhati kebudayaan dan rohaniawan protestan
Tinggal di samarinda.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
19 Komentar
Komentar
Supardiyono Sobirin Satu Indonesia utk kemakmuran negara, kesejahteraan rakyat yg adil merata, dan lingkungan yg lestari/
Jootje O'niel RugianMandey HARGA BBM SAMA SE-NUSANTARA...., satu lagi langkah RAKSASA dari presiden Jokowi yang tak tersentuh enam presiden sebelumnya. 
Saya setuju bahwa berfikir dan bertindak rasional demi KEADILAN SESAMA adalah salah-satu realita BUDAYA TERTINGGI seorang pucuk pimpinan formal sebuah bangsa.
Ro Wl Ma Selamat siang kangmas Supardiyono Sobirin....apa kabar?
Akhirnya Presiden Jokowi menempuh langkah yang luar biasa...semoga soal Kelestarian Lingkungan Alam juga dapat perhatian beliau ya mas. Rahayu.
Oma Sally Salam rahayu Romo suatu kebahagian bagi rakyat jelata pada umumnya .Dan suatu keberhasilan bagi Bangsa ini khususnya.
Ro Wl Ma Broer Jootje Rugianmandey....berani rugi untuk Keadilan seluruh rakyat Indonesia....patut kita hargai langkah luar biasa ini.
Ro Wl Ma Oma Sally....waktu saya ke muara teweh tahun 2012 lalu...harga BBM Rp.30.000/liter...sekarang saya yakin sudah normal...apa kabar oma?
Oma Sally Sehat walafiat atas doanya Romo bgmn sebaliknya
Supardiyono Sobirin Saya sangat tersendat sedih melihat fotonya. Indonesia 71 tahun.....
Ro Wl Ma Amin Oma Sally....saya sehat. Rahayu...rahayu.
Ro Wl Ma Kangmas Supardiyono Sobirin....itu foto tahun 2000-an kangmas.
Hotdinal Sitanggang bertindak nyata mantap pak Pres
Budi Susilo Tidak berlaku untuk Brebes Jawa Tengah.. Seliter 70ribu..pas macet kemarin.. Hahaha
Resa Pundarika waktu rapat APEC di Beijing yng lalu saya sengaja dgn sangat khusus mengikuti siaran langsung program kerja pak Jokowi dan permintaan bantuannya waktu itu,sungguh waktu itu hati saya sangat tersentuh sekali dan sangat berkesan pada pak jokowi in...Lihat Selengkapnya
Amram Rede Siapa tau kali ini berhasil menyeragamkan. Tapi apa yg dikatakan bpk Presiden, hanya presiden yg tau (Nusronisasi). He...3x
Ro Wl Ma Sobatku Hotdinal Sitanggang...begitulah seorang presiden seharusnya berbuat untuk rakyatnya...
Ro Wl Ma Mas Budi Susilo...lhaaa kuwi pas macet sedino yooo...stok BBM habis qkqkqkqkqkkq
Ro Wl Ma Sobatku Resa Pundarika...itulah harapan kita kepada bapak presiden Jokowi..semoga beliau dapat berjuang dan merealisasikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, meskipun lawan-lawan politik beliau sering kali menuduh sebagai sebuah pencitraan belaka. Tapi kan rakyat yang menilai dan merasakan.
Salam dan doa rahayu.
Ro Wl Ma Sobatku Amram Rede....kita doakan kiprah beliau untuk rakyat Indonesia....
Amram Rede Benar kanda RoWiMa.
Betapa bahagianya saudara2 kita diPedalaman jika kiprah beliau terwujd. Energi merupakan kebutuhan primer diEra modern skrg ini. Masinisasi telah mewarnai kehidupan masyarkat tdk hanya diPerkotaan ttp juga diPedesaan. 
Menengok saud
...Lihat Selengkapnya
Amos Halawa Amin pak Pendeta...betapa adilnya negara ini bila semua seperti itu...bukan hanya dalam harga minyak. lebih2 dalam kebebasan beragama...damai

RWM.BOONG BETHONY

Tidak ada komentar: